PPU Peringati Hari Sumpah Pemuda

PORTALKALTIM.ID, Penajam – Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun pimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda, Sabtu’ (28/10/2023) di lapangan Kantor Bupati PPU.

Upacara diikuti oleh segenap pegawai Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), TNI/POLRI, Organisasi Masyarakat, dan pelajar wilayah PPU. Hadir pula dalam kesempatan tersebut, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) PPU.

Read More

Marbun dalam kesempatan tersebut membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia yang menyampaikan bahwa saat ini Pemerintahan Republik Indonesia telah membuka secara luas partisipasi bagi generasi muda untuk bersama mewujudkan harapan masa depan Indonesia.

“Inklusivitas dalam ekosistem kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif bahwa sekarang para pemuda-pemudi mendapatkan tempat terhormat di dalam pembangunan nasional,” ungkapnya.

Hal ini dituangkan dalam tema peringatan Hari Sumpah Pemuda, yakni “Bersama Majukan Indonesia” dengan logo HSP ke-95 dengan makna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna – warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya. Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia.

Masih adanya persoalan bangsa serta perubahan yang cepat akibat teknologi mengharuskan pemuda untuk beradaptasi dan bergotong royong lintas generasi maupun lintas sektor dalam menghadapi tantangan tersebut.

“Karena kerja kolaboratif ini sesuai dengan amanah undang-undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan dan juga sesuai dengan Perpres Nomor 43 Tahun 2022 tentang Koordinasi Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan agar implementasi koordinasi lintas sektor tersebut efektif menuju pencapaian Indeks Pembangunan Pemuda (IPP),” ucapnya.

Baca Juga:  Peletakan Batu Pertama, Jokowi Resmikan Pembangunan Bandara VVIP IKN

Ia pun mengajak pada momen tersebut untuk membulatkan tekad bagi seluruh pemangku kepentingan terkait untuk bersama-sama berkolaborasi dalam memajukan bangsa.

Usai upacara, Marbun menyerahkan bantuan berupa sepeda motor sebanyak tujuh buah kepada penyuluh perikanan untuk kemudahan transportasi ke desa-desa di wilayah PPU.

Selain itu, diserahkan pula medali bagi pemenang lomba Special Olympics Indonesia Tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2023. Perwakilan PPU memperoleh 2 medali emas, 2 medali perak, dan 2 medali perunggu. (diskominfo ppu)

Related posts