Penjualan Kendaraan Suzuki Selama September 2023 Dikuasai Varian Hybrid

Suzuki Grand Vitara (doc. Istimewa)

PORTALKALTIM.ID, Jakarta – Seiring dengan perkembangan teknologi di industri otomotif, masyarakat saat ini mulai beralih pada kendaraan ramah lingkungan seperti kendaraan hybrid.

Respon tersebut dapat dilihat dari catatan penjualan kendaraan roda empat Suzuki bulan September 2023 di kategori mobil penumpang yang 42% diantaranya merupakan varian hybrid, atau hampir setengah dari keseluruhan mobil penumpang Suzuki yang dibeli oleh konsumen selama September 2023.

Read More

Pencapaian positif ini menjadi bukti nyata dari tingginya kesadaran masyarakat yang mulai beralih menggunakan kendaraan yang mampu berkontribusi positif pada lingkungan sekitar, serta bertambahnya kepercayaan masyarakat terhadap teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Randy R Murdoko, Asst. to Dept. Head of 4W Sales PT SIS, mengungkapkan bahwa masyarakat saat ini sudah mulai memilih kendaraan hybrid yang dianggap punya banyak keuntungan dan dapat diandalkan dalam penggunaan sehari-hari.

“Efisiensi konsumsi bahan bakar menjadi salah satu pertimbangan konsumen sebelum membeli mobil. Dan banyak pula masyarakat yang tertarik dengan cara kerja dari teknologi SHVS yang tangguh untuk menopang aktivitas sehari-hari konsumen. Kami yakin penjualan kendaraan hybrid Suzuki akan terus meningkat sejalan dengan keyakinan konsumen akan ketahanan mesin, baterai, dan kualitas produk secara menyeluruh,” tutur Randy.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (GAIKINDO) mencatat bahwa kategori mobil penumpang Suzuki menyumbang 50% dari total penjualan ritel di bulan September 2023.

Saat ini, Suzuki memiliki 8 model kendaraan di segmen mobil penumpang dan 3 diantaranya memiliki pilihan varian hybrid. Jika dibedah lebih lanjut per varian, masing-masing dari 3 model kendaraan Suzuki tersebut juga didominasi oleh varian hybrid-nya.

Baca Juga:  Apresiasi Pelanggan Kendaraan Hybrid, Suzuki Serahkan Jimny Kepada Pemenang Program Undian Test Drive Hybrid Nasional

Dari total penjualan All New Ertiga secara keseluruhan, All New Ertiga varian hybrid mampu berkontribusi sebesar 59%, New XL7 Hybrid sebesar 61% dari penjualan New XL7, dan Grand Vitara yang seluruhnya sudah bertipe hybrid.

Capaian penjualan menarik ditorehkan oleh Grand Vitara setelah SUV ini unjuk kebolehan dengan peningkatan penjualan sebesar 15% jika dibandingkan dengan Agustus 2023.

Nama Grand Vitara yang telah lama dikenal dalam sejarah SUV Suzuki ini kini telah menggunakan teknologi SHVS serta tampil dengan desain baru pada bagian eksterior dan interiornya yang menambah kesan sporty-modern.

Pada sisi mesin, Grand Vitara memiliki mesin K15C Dual Jet yang dipadukan dengan SHVS, sehingga semakin ramah lingkungan dan efisien dalam penggunaan bahan bakar.

Grand Vitara juga telah dilengkapi dengan fitur yang mewah seperti Panoramic Sunroof, Cruise Control, Head-Up Display (HUD), Smartphone Wireless Charging, LED Projector Headlamp beserta Auto Guide Me Light, 360 Camera, serta Auto Dimming Center Mirror.

Selain kategori mobil penumpang, mobil komersial Suzuki yaitu New Carry juga turut menyumbang penjualan positif sebesar 50%. New Carry berhasil memikat banyak pelaku wirausaha untuk menggunakan mobil ini dalam mendukung kegiatan usahanya. New Carry didesain dengan kelebihan yang menguntungkan seperti irit konsumsi bahan bakar dan biaya perawatan yang ringan, durabilitas yang tinggi, serta kapasitas angkut yang besar.

Tidak hanya itu, New Carry juga memiliki bodi yang tangguh namun tetap mengedepankan kepraktisan bagi pengendaranya, menjadikannya kendaraan niaga andalan pelaku usaha.

Menelik porsi penjualan kendaraan hybrid Suzuki, antara yang diproduksi di dalam negeri maupun impor, 87% diantaranya merupakan hasil rakitan lokal yang dikerjakan di Pabrik Suzuki Cikarang, Jawa Barat.

Baca Juga:  Mazda Indonesia Memberikan Special Program Pembelian Akhir Tahun

Tingginya porsi dan kontribusi tersebut turut menjadi optimisme tersendiri bagi Suzuki karena mobil hybrid Suzuki buatan Indonesia semakin dapat diterima dan dipercaya oleh masyarakat, sekaligus menumbuhkan industri otomotif Indonesia secara lebih baik.

“Penjualan kendaraan hybrid Suzuki yang meningkat mendorong kami untuk terus berusaha menghasilkan produk tangguh dan modern, dengan harga dan pelayanan terbaik guna menghadirkan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Melalui kendaraan yang disematkan teknologi SHVS, kami juga berusaha untuk mendorong masyarakat untuk mulai turut dalam agenda keberlangsungan lingkungan salah satunya dengan cara beralih ke kendaraan yang rendah emisi gas buang,” tutup Randy. (pr)


Tentang Suzuki Indonesia
Suzuki Indonesia merupakan kelompok usaha yang bergerak dibidang otomotif yang memproduksi, memasarkan, memperniagakan sepeda motor, mobil, dan motor tempel (outboard-motor). Hal tersebut juga didukung dengan pelayanan purna jual suku cadang serta perbaikan/pemeliharaan di seluruh Indonesia yang solid dan terintegrasi dalam melayani para pelanggan Suzuki. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Suzuki Indonesia bisa menuju website resmi www.suzuki.co.id.

Related posts